11:21 pm - Rabu April 16, 2014
Home » Kolom » Arsip Lama » Tahap Perkembangan menurut Alfred Adler

Tahap Perkembangan menurut Alfred Adler

Tahap Perkembangan menurut Alfred Adler

funfaces

Alfred Adler, seorang psikoanalis menyatakan bahwa perasaan inferior menyebabkan seseorang mau berusaha dan belajar menjadi lebih baik. Berdasar penelitian yang berpusat pada orang-orang yang mengalami cacat tubuh (difable), Adler menyatakan jika seseorang mengalami kekurangan pada suatu hal, dia akan belajar dan melatih hal tersebut hingga mampu mengatasi kekurangannnya.

Selain itu, Adler juga menyatakan bahwa setiap orang berada pada kondisi inferior yang sifatnya berulang. Perasaan inferior ini akan muncul dari berbagai sisi dan aspek.

Tahap perkembangan anak bisa jadi merupakan sebuah gambaran yang mudah dan tepat. Seorang anak yang belum bisa berjalan, akan berusaha untuk bisa berjalan. Setelah bisa berjalan, dia akan berusaha untuk bisa berlari.

Peran orangtua menurut Adler sangat penting karena orangtualah yang menentukan keberhasilan atau kegagalan anak. Bila orangtua menetapkan standar keberhasilan terlampau tinggi dan sulit untuk dicapai, anak bisa saja akan merasa sulit dan menyerah. Namun, apabila orangtua menetapkan standar terlampau rendah, anak akan merasa mudah dan gampang puas.

Penetapan standar ini bergantung pada tiap orangtua dan norma yang berlaku. Bisa saja standar yang ditetapkan di perkotaan dan di desa akan berbeda. sehingga orangtua perlu bijak dalam menetapkannya.

garis
garis
Discount School Supply - Extreme Bargains
Dapatkan update terbaru via Twitter @psikologizone. Atau, gabung komunitas Psikologi Zone di Facebook.


Tes Kepribadian Online