Remaja Sekarang Terobsesi Tubuh Ideal

Ilustrasi (lovetoknow)

Remaja Sekarang Terobsesi Tubuh Ideal, Psikologi Zone – Jaman telah berubah, sekarang remaja pun mengharapkan tubuh langsing. Langsing dianggapnya sebagai bentuk tubuh yang ideal. Tubuh ideal yang dimiliki para model dan selebritis.

Sebuah survei menunjukkan setengah dari anak perempuan dan sepertiga anak laki terobsesi dengan tubuh langsing. Mereka rela bersusah payah, termasuk lewat tindakan ekstrim, untuk mendapatkan citra tubuh ideal. Tubuh yang mereka idamkan yakni tubuh sempurna dan berat badan ideal.

Hasil penelitian yang dilakukan tim peneliti di Inggris, dikutip dari dailymail (28/11/11) menyebutkan sepuluh dari anak laki-laki merasa tertekan dengan berat badannya yang dianggap berlebihan. Karena tertekan mereka merasa perlu berlatih keras dengan latihan beban agar tubuh lebih berotot. Sedangkan satu dari delapan anak perempuan lebih senang mengkonsumsi pil diet atau obat pencahar agar tubuh mereka bisa langsing.

Para peneliti ini melakukan survei pada 810 remaja usia 11-16 tahun. Diketahui dari para responden bahwa mereka membandingkan tubuhnya dengan tubuh para selebritis yang muncul di televisi. Yang lebih heboh lagi, seperempat dari laki-laki dan perempuan tersebut bersedia untuk operasi kosmetik demi mewujudkan tubuh idealnya.

Setengah anak perempuan tersebut dan sepertiga anak laki-laki tersebut juga bersedia untuk bertindak ekstrim demi mendapatkan tubuh ideal. Rosi Prescott, Kepala Eksekutif Central YMCA, badan amal yang melakukan survei mengatakan bahwa, anak-anak remaja ini begitu obsesi dengan tubuh langsing. Mereka begitu tidak nyaman dengan tubuh dan citra tubuhnya.

Sekarang sedang tren cara-cara instan untuk membentuk tubuh ideal, dan kadangkala cara tersebut berbahaya untuk penggunanya. Joe Swinson mengatakan remaja-remaja yang mencoba metode ekstrim ini bisa dibilang salah arah.

Menurutnya, persoalan ini menarik untuk dipantau terus, apa yang dulunya dipandang persoalan remaja perempuan kini malah merembet ke remaja laki-laki. Persoalan ini disebabkan tekanan pada remaja untuk menyesuaikan diri dengan citra tubuh ideal yang tidak realistis dan sulit dijangkau.

Faktanya, hanya gara-gara berharap memiliki tubuh langsing, pada awal tahun ini, sudah ada anak usia 5 tahun masuk rumah sakit karena anoreksia. Parlemen sendiri sudah berusaha menyelidiki kasus yang menimpa para remaja dan anak-anak ini. Pencitraan diri dan tubuh yang mempengaruhi remaja ini diduga disebabkan oleh budaya selebriti, industri fashion dan iklan yang mendorong munculnya obsesi berlebihan.

Cara paling baik untuk mengatasi persoalan ini yakni dengan mendorong orang untuk percaya diri dan yakin dengan tubuhnya sendiri.