Perencanaan Hidup Setelah Lulus Kuliah

Wisuda (pesonacipta)

Apa yang harus dilakukan setelah anda lulus dari bangku kuliah? Lulus perguruan tinggi adalah pengalaman yang sangat berharga dan memuaskan, namun ketika memutuskan apa yang akan anda lakukan setelah kuliah, membuat kebahagiaan itu berubah menjadi kecemasan.

Berikut ini adalah beberapa pilihan dari Campus Grotto yang mungkin menjadi gambaran bagi anda setelah lulus kuliah. Mari kita simak, beberapa lulusan yang paling banyak mereka pilih setelah lulus kuliah.

Karir
Tentu saja pilihan yang paling jelas untuk menempatkan gelar sarjana anda adalah diterima bekerja di bidang pilihan Anda. Memasuki jenjang karir setelah lulus memiliki banyak manfaat, tidak sedikit yang mendapatkan penghasilan tetap. Manfaat lainnya, anda akan memiliki pengalaman kerja yang dapat membantu kemajuan karir dan membangun jaringan dalam bidang karir anda.

Langsung berhasil mendapatkan pekerjaan mungkin saja bisa sulit bagi beberapa orang, tetapi jangan patah semangat karena itu. Dalam mencari pekerjaan, pastikan anda memiliki kontak atau informasi seputar pekerjaan yang anda inginkan.

Bila ada, baiknya perlu mengontak bagian karir dari perguruan tinggi anda, serta mendaftar dengan agen perekrutan dan situs karir. Selain itu, ada beberapa poin yang sangat dianjurkan, yaitu jadilah orang yang ahli dalam menulis resume dan keterampilan wawancara.

Magang
Hal ini jelas tidak terlalu terlambat untuk mengambil magang setelah anda lulus. Setelah kelulusan, magang sering mengarah pada tawaran kerja permanen. Setidaknya magang akan menyediakan anda pengalaman berharga dan jaringan yang akan membantu anda dalam mencapai karir yang anda inginkan. Ketika mendekati perusahaan, jangan hanya bertanya tentang magang, namun juga menanyakan tentang peluang memperoleh pengalaman dalam organisasi mereka. Banyak perusahaan mungkin bersedia menerima anda walaupun dengan kurang masksimal, tetapi anda masih akan mendapatkan pengalaman berharga dan tambahan bagi resume anda.

Sekolah Pascasarjana
Melanjutkan studi di sekolah pascasarjana adalah jalan lain yang juga biasa dipilih setelah kuliah. Memilih melanjutkan sekolah pascasarjana untuk menyelesaikan gelar S2, secara signifikan dapat meningkatkan peluang anda untuk memperoleh karir sesuai profesi pilihan anda.

Sebuah studi menunjukkan, pekerja dengan gelar lanjutan seperti S2 mendapatkan gaji lebih per tahun dibandingkan pekerja dengan gelar sarjana. Ada sedikit keraguan bahwa gelar lanjutan ini lebih mudah, karena sekarang pasar kerja lebih kompetitif, faktor-faktor seperti biaya tambahan dan waktu perlu dipertimbangkan. Banyak ahli juga berpendapat, ketika anda memiliki gelar lanjutan seperti S2, namun tidak memiliki pengalaman, maka akan menjadi pertimbangan lagi oleh perusahaan.

Ini hanya tiga pilihan yang paling banyak diambil oleh mereka yang telah menjadi sarjana strata satu. Setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mungkin anda juga perlu mendapatkan masukkan dari anggota keluarga, teman, dan rekan anda lainnya untuk memutuskan hal terpenting dalam hidup anda.