Kegiatan Positif, Cara Efektif Menangani Depresi

Ilustrasi (topnews)

Beralih pada kegiatan positif dapat berfungsi sebagai obat yang efektif dan tidak perlu biaya mahal bagi orang yang menderita depresi. Hal ini disampaikan oleh Riverside dan Duke dari University Medical Center.

Psikologi Intervensi Positif untuk Mengobati Gangguan depresif Mayor dan Minor, sebuah jdul makalah edisi 2011 Agustus dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine dikutip dari Science Daily, mengusulkan pendekatan baru untuk mengobati depresi dengan Positive Activity Interventions (PAI).

PAI adalah adalah melakukan kegiatan positif, berlatih berpikir optimis, dan mencoba mencari hikmah dalam peristiwa yang sedang dialami. Pendekatan baru ini memiliki potensi yang efektif dalam menangani kasus depresi, dimana mereka tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan, biaya lebih murah, relatif kurang memakan waktu dan menjanjikan hasil yang lebih baik, juga tidak ada efek samping.

Berdasarkan data dari Institut Nasional Kesehatan Mental, lebih dari 16 juta orang dewasa Amerika Serikat (sekitar 8 persen dari total populasi) menderita depresi, baik berat maupun kronis. Secara keseluruhan, Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa depresi mempengaruhi lebih dari 100 juta orang diseluruh dunia.

Meskipun obat antidepresan dapat menyelamatkan nyawa beberapa individu, terapi dengan obat hanya berhasil sekitar 30 persen. Bahkan setelah mencoba 2-4 obat yang berbeda, sepertiga orang tetap tertekan.

Selama beberapa dekade terakhir, penelitian psikologi sosial dalam aspek kebahagiaan, optimis, dan rasa syukur, telah menghasilkan banyak informasi yang bermanfaat dalam melakukan intervensi aktivitas positif (PAI) pada suasana hati dan kesejahteraan seseorang.

Keuntungan utama dari kegiatan-kegiatan positif adalah bahwa mereka lebih mudah dilakukan dan murah, namun sangat efektif.