Uswatun Hasanah.S.Psi.M.Psi

Uswatun Hasanah.S.Psi.M.Psi

Konsultasi oleh Uswatun Hasanah.S.Psi.M.Psi, dosen Fakultas Psikologi Universitas Darul Ulum Jombang, direktur dan konsultan pendidikan anak, rekan ahli psikologi di beberapa lembaga, dan pernah menjadi pembicara di berbagai acara seminar, pelatihan dan talk show.

Tentang Uswatun HasanahEmail Uswatun Hasanah

Pertanyaan:

Anak perempuan saya kelahiran Januari 2010. Rencananya tahun ini akan saya masukkan ke playgroup. Saya sdh coba mencari info di sekolah favorit, yang merupakan satu yayasan hingga SMP. Dengan pemikiran sekolah tersebut menerima murid SD dengan usia 5,5 tahun jika berasal dari TK dari yayasan yang sama. Yang saya tanyakan, apakah sepertinya saya memaksakan usia anak masuk sekolah? Karena pengalaman saya dulu juga masuk SD usia 5,5 thn dan semuanya lancar-lancar saja. Dan menurut orangtua saya, sepertinya anak saya lebih pintar dari saya. Lalu, lebih baik mana, anak masuk dari playgroup usia 2,5 thn atau langsung masuk TK nanti usia 3,5 thn? Terimakasih :) (CD, 28, Marketing)

Jawaban:

Senang sekali dapat merepon pertanyaan anda, Saudari Chistina ini persolan klasik yang dari tahun ke tahun terus ada bermunculan dimana. Setiap kali saya ada acara parenting ataupun dalam mengisi seminar, yang perlu diketahui adalah dalam tahap perkembangan itu tahapan tahapan yang selalu berjalan sesuai dengan tahapannya. Secara intelektual mungkin anak kita siap karena IQ diatas rata rata tetapi apakah kesiapan kematangan sudah siap ?? kematangan disini menyangkut emosi dan kematangan motorik baik halus maupun kasar. Banyak orang tua yang terjebak dalam kemaunya tapi tidak melihat efek samping dari keinginanya.

Tahapan perkembangan sebelum usia 7 th adalah masih tetap dalam bermain dalam belajar, sedangkan di SD bukan lagi belajar dan bermain sudah berbeda pola dan cara mengajar serta kemampuan sosialisi anak juga harus lebih mandiri. Banyak kasus yang terjadi ketika anak dipaksakan masuk SD dengan usia yang kurang maka sering terjadi penurunan dalam prestasi disaaat anak naik kelas III, disini anak sudah mulai mengalami tanggung jawab pembelajaran yang lebih rumit anak tidak siap dengan itu semua.

Jadi menurut mohon dipertimbangkan kembali mengingat beberapa hal yang sudah sy jelaskan diatas, Menurut beberapa penelitian Keberhasilan hidup banyak berasal dari EQ yang baik bukan IQ. intinya kematangan Emosi lebih memiliki pengaruh yang besar dalam keberhasilan hidup seseorang. Terimaksih semoga bermanfaat. Salam.