10:05 am - Jumat April 18, 2014
Home » Kolom » Arsip Lama » Jenis Skala Pengukuran

Jenis Skala Pengukuran

Sebuah bentuk skala akan mengingatkan kita pada alat ukur termometer, penggaris, atau mungkin dipandang sebagai satu item pengukuran, seperti dalam skala Likert. Hal ini menjadikan skala sebagai cara untuk mengukur secara sistematis yang ditetapkan berdasarkan skor atau nilai pada skala yang dipilih.

Sejumlah skala yang ada dapat dibuat untuk mengukur atribut orang, benda, peristiwa, dan lain-lain. Dalam buku Applied Psychometry pada tahun 2009 oleh Narender Kumar Chadha, semua skala memiliki empat tipe dasar yaitu: Nominal, Ordinal, Interval dan Rasio.

Skala ini sebenarnya merupakan empat hirarki prosedur pengukuran, terendah dalam hirarki adalah skala nominal dan yang tertinggi adalah skala pengukuran ratio. Itulah sebabnya ‘Tingkat pengukuran’ ini telah digunakan oleh beberapa sarjana dalam pembuatan dan penggunaan skala pengukuran.

Skala Nominal
Ini merupakan skala pengukuran yang paling dasar. Ini terdiri dari hubungan logis, kategori entitas, fakta atau data berdasarkan beberapa sifat (s), dan menempatkan mereka pada simbol atau angka sebagai cara untuk membedakan dua atau lebih kategori atau data. Sebagai contoh, kita dapat menempatkan individu untuk kategori seperti laki-laki dan perempuan tergantung pada jenis kelamin mereka, atau kecerdasan dengan kategori tinggi dan rendah berdasarkan nilai intelijen.

Skala Ordinal

Dalam Skala Ordinal, kita berusaha untuk menentukan urutan peringkat atau ketidaksetaraan elemen. Contohnya adalah: A lebih besar atau lebih baik dari pada B, B lebih besar dari atau lebih baik dari daripada C, dan seterusnya. Hubungan tersebut ditunjuk oleh simbol ‘>’ yang berarti ‘Lebih besar dari’ mengacu pada atribut tertentu. Kita bisa melanjutkan dengan latihan sebelumnya untuk membuatnya lebih jelas. Perlu diingat bahwa hubungan antara kedua peringkat adalah tidak bisa di gambarkan secara rinci bahwa nilai A adalah dua kali lipat dari B atau A empat kali lipat dari C.

Skala Interval

Dalam kasus Skala Interval, pengukuran ini sangat teratur dan memiliki jarak yang sama diantara masing-masing peringkat dan jarak ini konstan berurutan. Contoh Interval adalah timbangan seperti skala Fahrenheit dan IQ.

Skala Rasio
Skala rasio adalah skala yang paling canggih dari semua empat skala pengukuran. Berat, panjang, waktu
interval, resistensi listrik dan suhu diukur di ukur dalam Skala Rasio. Sebuah Skala Rasio memiliki semua karakteristik Nominal, Ordinal dan Interval Scales dan, selain itu, titik nol absolut atau mewakili ketiadaan besarnya variabel atribut.

garis
garis
Discount School Supply - Extreme Bargains
Dapatkan update terbaru via Twitter @psikologizone. Atau, gabung komunitas Psikologi Zone di Facebook.


Tes Kepribadian Online