Uswatun Hasanah.S.Psi.M.Psi

Uswatun Hasanah.S.Psi.M.Psi

Konsultasi oleh Uswatun Hasanah.S.Psi.M.Psi, dosen Fakultas Psikologi Universitas Darul Ulum Jombang, direktur dan konsultan pendidikan anak, rekan ahli psikologi di beberapa lembaga, dan pernah menjadi pembicara di berbagai acara seminar, pelatihan dan talk show.

Tentang Uswatun HasanahEmail Uswatun Hasanah

Pertanyaan:

Anak saya laki2, 12 tahun, prestasi sekolah biasa saja. Dia mempunyai minat di teknik. Kendala yang rasakan adalah dia kesulitan untuk berbicara atau mengemukakan pendapat. Suaranya sangat pelan, nyaris bergumam, sehingga sering kami meminta untuk mengulangi. Dia tidak mampu bertanya ke gurunya jika tidak memahami pelajaran. Menurut kami, jika dia mampu berbicara lebik keras dan mempunyai keberanian untuk berkomunikasi, dia akan berprestasi lebih baik lagi. Bagaimana kami bisa membantunya? Terimakasih. (NT, 48, Karyawan)

Jawaban:

Terimaksih atas kepercayaan Anda kepada kami saudara NT. Dari cerita anda, ada beberapa kemungkinan:

1. Kemungkinan secara medis dia mengalami gangguan pada frekwensi suara, coba diperiksakan ke dokter spesialis THT.

2.Kemungkinan Putra anda bermasalah scr prikologis,misal kurang percaya diri atau dia memang punya sifat dasar pemalu. Sehingga kemampuan asertifnya tdk berkembang dengan baik. Pola asuh yang terlalu otoritas biasanya dapat mengakibatkan anak menjadi tidak asertif lebih memilih bersikap diam karna menurutnya itu cara yang paling aman dari pada dimarahi. Coba Anda lakukan tes psikologi pada seorang psikologi agar kita tahu hambatan psikologisnya.

Demikian masukan dari saya semoga bermanfaat. Salam…